Asal-usul, Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Penanganan Sinus Preauricular

Asal-usul, Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Penanganan Sinus Preauricular

Jika salah satu anggota keluarga Anda punya lobang kecil dekat area telinga, mungkin itu adalah tanda sinus preauricular. Lubang tersebut bisa terjadi pada kedua sisi telinga atau salah satunya saja. Umumnya, orang dengan kondisi ini tidak merasakan gejala. Oleh karena itu, banyak yang menganggapnya sepele. Padahal, kondisi ini dapat menjadi infeksi dan butuh antibiotic. Bahkan, infeksi ini juga butuh pembedahan dalam beberapa kasus.

Asal-usul Sinus Preauricular

Secara teknis, kondisi ini merupakan cacat kelahiran yang turun-temurun. Biasanya, titik tersebut ada di salah satu sisi telinga, meski beberapa penderita mengalami di kedua telinganya. Memang, ini termasuk kondisi langka. Sejauh ini, kondisi ini juga hanya dianggap kelainan yang mengganggu bentuk visual telinga saja. Padahal, sinus preauricular infeksi cukup berbahaya.

Gejala Sinus Preauricular

Masalah bisa muncul saat lubang ini mengalami infeksi akibat kotoran atau infeksi. Infeksi ini bisa menyebabkan iritasi indra pendengaran, seperti:

  • Demam
  • Nyeri atau sakit
  • Telingan kemerahan
  • Telingan mengalami pembengkakan atau peradangan
  • Telinga mengeluarkan bau
  • Lubang mengeluarkan nanah atau cairan

Dalam kondisi buruk, kondisi ini bisa mengalami penumpukan nanah (abses) sehingga butuh Tindakan atau penanganan medis.

Penyebab Sinus Preauricular

Belum pasti apa penyebab sinus preauricular. Tetapi, diduga kondisi ini terjadi kerana kegagalan penyatuan jaringan ketika masih berada di kandungan. Lubang tersebut terbentuk selama perkembangan janin dalam Rahim.

Kemungkinan, kondisi ini terjadi akibat fungi yang tidak sempurna. Meski umumnya hanya terjadi di salah satu sisi telinga, ada juga beberapa kasus di mana seseorang punya beberapa lubang kecil yang beradadi depan telinga.

Diagnosis Infeksi Sinus Preauricular

Biasanya, dokter akan memeriksa lobang tersebut secara cermat guna memastikan diagnosis & memeriksa tanda infeksi. Dokter juga akan memeriksa kemungkinan kondisi lain yang mungkin menyertai, terutama jika terdapat bau atau terjadi bengkak di sekitar area lobang tersebut.

Cara Mengatasi Sinus Preauricular

Jika kondisi ini tidak menunjukkan gejala apapun, Anda tidak perlu mengobatinya. Tapi, Anda tetap harus waspada karena rentan terjadi infeksi. Umumnya, cara merawat sinus preauricular adalah dengan antibiotic agar infeksi bisa sembuh.

Jika terdapat abses, maka harus dihilangkan & dikeringkan. Bahkan, dokter juga perlu mengeluarkan nanah yang ada pada lobang tersebut melalui pembedahan kecil. Dokter juga bisa menutup lobang kecil tersebut lewat operasi supaya mencegah infeksi terjadi lagi nanti.

Sebelum menentukan penanganannya, dokter harus memastikan dulu kondisinya. Jika perlu, dokter akan melakukan MRI atau test CT scan guna mengetahui kemungkinan komplikasi sinus preauricular. Beberapa orang meyakini bahwa kondisi ini harus dihilangkan. Namun, beberapa orang lainnya percaya bahwa lobang kecil ini tidak membahayakan sehingga tidak perlu diobati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *