Metode Kerja Peer to Peer Lending

Metode Kerja Peer to Peer Lending

Peer to peer lending merupakan sebuah agen penyedia jasa pinjaman yang mana di sini menghubungkan antara pihak peminjam atau debitur secara langsung dengan para kreditur atau pemilik dana. Peer to peer lending merupakan salah satu bentuk dari teknologi finansial yang ada di Indonesia.

Peer to peer lending di Indonesia memang lebih dikenal dengan sebutan pinjaman online atau sering juga disingkat dengan pinjol. Ada banyak sekali manfaat dengan adanya peer to peer lending ini. Untuk lebih mengetahui mengenai peer to peer lending, maka berikut ini akan diulas secara singkat.

Bagaimana Metode Kerja Peer to Peer Lending?

 

Sebagai salah satu bentuk finansial teLending, peer to peer lending memang saat ini tengah marak dan populer di Indonesia. Peer to peer lending merupakan sebuah metode pinjaman dana yang mana di sini menghubungkan secara langsung antara seseorang yang memerlukan dana pinjaman dengan orang lain yang memiliki modal atau pemberi pinjaman.

Dengan adanya Peer to peer lending tersebut, maka otomatis menghilangkan peran institusi keuangan konvensional, seperti bank ataupun pihak penengah. Saat ini keberadaan dari situs atau aplikasi yang menyediakan pinjaman online atau Peer to peer lending makin meningkat serta diadaptasi sebagai salah satu metode alternatif dalam hal pembiayaan atau pendanaan.

Otoritas Jasa Keuangan sendiri juga telah membuat aturan resmi untuk peminjam online tersebut. Dalam aturan yang dibuat oleh OJK dijelaskan bahwasannya peer to peer lending merupakan layanan pinjam meminjam uang dengan mata uang rupiah secara langsung antara pihak pemberi pinjaman atau kreditur dengan pihak penerima pinjaman atau debitur yang mana di sini memakai basis teknologi informasi.

Terdapat banyak sekali peer to peer lending yang berdiri di Indonesia saat ini oleh karena memang platform tersebut diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Karena itu, bagi Anda yang kebetulan saat ini membutuhkan pinjaman tunai, baik itu untuk keperluan pribadi maupun usaha, maka harus mempertimbangkan peminjaman peer to peer lending tersebut.

Sebagai salah satu layanan penyaluran pinjaman, cara kerja dari peer to peer lending ini pada dasarnya sangatlah sederhana. Finansial teknologi ini menyediakan platform online yang menawarkan fasilitas bagi para pemilik modal untuk dapat memberikan pinjaman secara langsung pada para debitur dengan imbal hasil yang lebih tinggi.

Sehingga disini peer to peer lending dapat dikatakan juga sebagai salah satu pilihan investasi bagi Anda yang berminat untuk memperoleh imbal hasil lebih besar jika dibandingkan dengan suku bunga pasar saat ini. Di sisi lain, peminjam dana dapat mengajukan proses kredit secara langsung pada para pemilik dana dengan syarat yang lebih cepat dan lebih mudah jika dibandingkan dengan lembaga keuangan profesional lain.

Untuk lebih jelasnya terkait cara kerja dari peer to peer lending, berikut ini Anda perlu memperhatikan ulasannya.

  • Registrasi anggota. Pengguna baik itu pihak pemberi pinjaman ataupun pihak yang akan meminjam diwajibkan melakukan registrasi secara online melalui perangkat smartphone maupun perangkat komputer. Nantinya setelah registrasi tersebut dilakukan, maka langkah berikut yaitu peminjam melakukan proses pengajuan pinjaman dana.
  • Platform P2P lending akan melakukan analisis serta memilih mana kira-kira pihak peminjam yang layak untuk memperoleh pinjaman, termasuk di sini untuk menetapkan tingkat risiko peminjam.
  • Peminjam yang terpilih nantinya akan ditempatkan oleh plafon peer to peer lending di dalam marketplace secara online beserta dengan informasi mengenai resiko peminjam serta profil secara lengkap.
  • Investor dari peer to peer lending nantinya akan melakukan seleksi dan juga analisa terhadap peminjam yang tercantum di dalam marketplace yang disediakan oleh platform peer to peer lending.
  • Investor peer to peer lending melakukan proses peminjaman yang dipilih menggunakan platform peer to peer lending.
  • Pihak peminjam akan mengembalikan pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan oleh platform to peer lending.
  • Investor dari peer to peer lending akan menerima dana pengembalian pinjaman tersebut dari pihak peminjam melalui platform.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *