Mengetahui Manfaat 5 Mainan Edukatif Sesuai Kemampuan Si Kecil 

Mengetahui Manfaat 5 Mainan Edukatif Sesuai Kemampuan Si Kecil 

Pandemi yang mewajibkan Anda berada di rumah saja bisa menjadi momen penting untuk meningkatkan hubungan orang tua dan anak. Anda yang punya anak usia 2-3 tahun, maka wajib meluangkan waktu untuk bermain bersama si kecil. Pasalnya, anak usia dini sangat aktif dan suka memulai hal-hal baru. Toko yang jual Nutrilon Royal bisa Anda pertimbangkan untuk memberikan nutrisi yang bisa menstimulasi kecerdasan anak sejak usia dini. Bila nutrisi anak sudah terpenuhi, maka Anda hanya perlu membelikan sarana mainan yang mendukung minatnya.

Mainan untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak

Kemampuan atau minat anak bisa Anda rangsang sejak ia belia dengan memilih jenis mainan yang relevan. Supaya Anda bisa mendorong anak memiliki kecerdasan sejak dini, pastikan tahu cara meningkatkan potensi anak dengan memilih permainan tepat berikut :

  • Mainan balok 

Fungsi dari mainan balok yang memiliki ragam bentuk dan warna bisa mendorong anak berpikir dan bekerja lebih kreatif. Biarkan anak bekerja menyusun bentuk bangunan atau benda tertentu sesuai imajinasi mereka. 

  • Boneka dan peralatan lain 

Tidak hanya anak perempuan saja, permainan boneka, peralatan memasak atau dokter-dokteran bisa diberikan pada anak laki-laki. Hal ini berguna dalam mendorong anak mengenal berbagai peralatan yang digunakan sesuai profesi tertentu. 

Selain itu, anak akan belajar bermain peran dengan boneka atau karakter kesukaan mereka. Bermain peran bisa mendukung kemampuan anak dalam berkomunikasi atau sosialisasi dengan teman lainnya.

  • Mainan playdough

Playdough merupakan jenis mainan yang bisa meningkatkan kreativitas si kecil dalam membuat bentuk tertentu. Ketangkasan anak dalam membuat benda, kemampuan gerak tangan dan jari-jari bisa mendukung kepekaan terhadap tekstur playdough tersebut.

  • Mainan huruf dan kata 

Anda bisa membeli mainan huruf dan kata bisa mendukung anak belajar kosakata. Setidaknya Anda bisa mengenalkan huruf dan kata sejak kecil sehingga ia lebih siap belajar di bangku sekolah formal. Hal ini akan memudahkan Anda mengajari anak membaca dan berhitung pada waktu yang tepat, misalnya usia 5-6 tahun. 

  • Mainan instrumen nada 

Mengenalkan anak pada permainan edukatif berupa alat musik bisa menjadi pilihan Anda. Mainan musik bisa membuat anak mengenal nada atau meningkatkan ketertarikan pada musik. Apalagi anak Anda terlihat memiliki potensi pada hobi menyanyi, Anda bisa meningkatkan kemampuannya dengan memberikan microphone. Anak bisa menyanyi tangga nada harmonis seiring perkembangan usia, kenapa tidak? 

Toko perlengkapan bayi yang jual Nutrilon Royal bisa mendukung Anda dalam memberikan nutrisi yang menstimulasi perkembangan otak, termasuk peningkatan kemampuan si kecil. Nutrisi lengkap bisa membantu pertumbuhan and perkembangan anak terbaik baik makanan, minuman dan susu formula sesuai usia. Gaya hidup anak yang sehat juga menjadi faktor penting dalam tumbuh kembang si kecil yang lebih maksimal, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *