Mas Trenggono Semoga Amanah Susi Pudjiastuti Ucapkan Selamat buat Menteri KKP Baru

Mas Trenggono Semoga Amanah Susi Pudjiastuti Ucapkan Selamat buat Menteri KKP Baru

– Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI), Susi Pudjiastuti, memberikan selamat serta harapan kepada Sakti Wahyu Trenggono. Seperti diketahui, Sakti Wahyu Trenggono telah mendapat amanah baru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri KKP. Susi memberikan selamat dan harapan tersebut melalui cuitannya di Twitter.

“Mas Trenggono, Selamat atas Tugas Baru sebagai Menteri Kelautan dan Perikananan. Semoga Amanah.” Cuitan Susi tersebut pun juga sebagai tanggapan cuitan Sakti Wahyu Trenggono di Twitter. Pada unggahnya, Sakti Wahyu Trenggono mengucapkan terimakasih untuk Presiden Jokowi serta Wakil Presiden Maruf Amin.

Dirinya juga menyebut akan siap bekerja dengan baik, berkontribusi positif bagi sektor Kelautan dan Perikanan nasional sesuai Visi dan Misi Presiden. “Saya akan belajar cepat untuk mengetahui isu isu utama di sektor bahari, dan memberikan solusi yang tepat agar Indonesia sebagai negara bahari dapat berjaya.” Saya bukan orang yang pandai beretorika, saya hanya ingin segera bekerja bersama seluruh pemangku kepentingan untuk kemajuan sektor bahari. Mohon doa dari masyarakat agar kita lancar, dan amanah menjalankan tugas,” tulisnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan enam nama baru yang menduduki jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju. Saat memberikan pengumunan, Presiden Jokowi pun juga didampingi oleh Wakil Presiden Maaruf Amin. Dari enam nama tersebut satu di antaranya adalah Sakti Wahyu Trenggono, yang diberikan tanggung jawab baru menggantikan Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Siapa dia, dan bagaimana sepak terjangnya dalam dunia pemerintahan? Sakti Wahyu Trenggono merupakan Wakil dari Menhan Prabowo Subianto. Lelaki ini merupakan jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Bina Nusantara (Binus)

Diberitakan sebelumnya, Wahyu Sakti Trenggono di Istana Kepresidenan, Jumat (25/10/2019) mengatakan dirinya diminta jadi wakil Menhan. "Saya diberi penugasan oleh Presiden membantu Kementerian Pertahanan dalam rangka sektor industri pertahanan bisa mulai kita kembangkan," ujar Trenggono. Seperti telah diketahui, Sakti Wahyu Trenggono merupakan orang yang pernah menjadi Relawan Jokowi di Pilpres 2019.

Dirinya merupakan mantan Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi Ma'ruf Amin. Wahyu juga dikenal sebagai seorang pebisnis yang telah merintis bisnis dengan bendera PT Solusindo Kreasi Pratama (SKP) dan membangun PT Tower Bersama Infrastruktur. Perusahaan yang disebut terakhir saat ini dikenal sebagai penyedia infrastruktur menara telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan kepemilikan lebih dari 14.000 menara.

Hingga akhirnya, lelaki kelahiran Semarang ini mendirikan PT Teknologi Riset Global (TRG) Investama. Perusahaan yang didirikannya tersebut bergerak di bidang telekomunikasi, teknologi, properti, media, dan e commerce . Wahyu Trenggono rupanya lahir bukan dari keluarga yang terbilang cukup mapan perekonomiannya.

Bahkan, ia menuturkan bahwa sejak kecil terbiasa hidup prihatin. Dirinya pernah memiliki tujuan hidup yang sederhana, yakni ingin bekerja dengan baik, merintis karier profesional dan bermanfaat bagi banyak orang. Saat muda, ada cerita menarik dari sang Wamenhan ini, di mana dirinya harus menjual kambing untuk kuliah.

Untuk membiayai kuliahnya di ITB, keluarganya harus menjual tujuh ekor kambing. “Saya dulu bayar kuliah Rp 22.000,00 harus jual tujuh ekor kambing dan dikirim sama nenek saya Rp 35.000,00” kenangnya. "Dia adalah Walikota Surabaya, dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," ujar Jokowi dikutip dari live Kompas TV.

Sandiaga Uno menjadi nama menteri baru di Kabinet Indonesia Maju, dan mendapat tugas untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenparekraf). "Beliau adalah Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian terakhir menjadi Wakil Menteri BUMN, dan sekarang kita berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan," ujar Jokowi. "Yang keempat Bapak Yaqut Cholil Qoumas, beliau adalah tokoh muslim, dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama," lanjut Jokowi memperkenalkan menteri barunya.

Sakti Wahyu Trenggono selama ini telah memegang jabatan sebagai Wakil Menteri Pertahanan, mendampingi Prabowo Subianto. Dan kini dirinya diberikan amanah oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Muhammad Lutfi mendapat tanggung jawab menjadi Menteri Perdagangan.

Sebelumnya dirinya pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang juga Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *